- Keanekaragaman hayati dapat ditunjukkan dengan adanya variasi ciri di antara individu sejenis. Keanekaragaman semacam ini merupakan keanekaragaman hayati pad tingkat ...
|
Gen
|
|
Species
|
|
Jenis
|
|
Ekosistem
|
|
Genetik
|
2. Penebangan kayu di hutan harus memenuhi persyaratan tertentu agar
kelestarian terjaga. Persyaratan tersebut, di antaranya . . . .
|
tebang habis, tanam lagi
|
|
penebangan minimal
|
|
sistem
tebang pilih
|
|
penebangan
maksimal
|
|
penebangan
maksimal
|
- Sebagai paru – paru bumi, SDAH dapat menurunkan kadar CO2 di atmosfer. Oleh sebab itu , SDAH memiliki nilai ...
|
Biologi
|
|
Ekologi
|
|
Sosial
|
|
Ekonomi
|
|
Hukum
|
- Sapi, jerapah, kelinci dan kambing merupakan contoh dari hewan yang tergolong ke dalam kelompok ...
|
Konsumen I
|
|
Konsumen II
|
|
Produsen
|
|
Dekomposer
|
|
karnivor
|
- Lumut kerak dan bakteri nitrifikasi merupakan contoh hubungan simbiosis yang bersifat ...
|
Netralisme
|
|
Komensalisme
|
|
Mutualisme
|
|
Parasitisme
|
|
Saprofitisme
|
- Rumah kaca dapat terjadi karena ...
|
Pencemaran udara oleh belerang dan nitrogen
|
|
Penggunaan bahan bangunan pengganti kaca
|
|
Meningkatnya intensitas sinar matahari
|
|
Pencemaran udara dalam karbondioksida
|
|
Penggunaan CFCs
untuk AC secara terus menerus
|
- Hujan asam dapat terjadi karena pencemaran udara oleh ...
|
Oksida karbon dan oksida hydrogen
|
|
Pencemaran udara oleh karbon dan zat besi
|
|
pengguanaan bahan bakar dan zat besi
|
|
Meningkatnya industralisasi pada suatu daerah
|
|
Pencemaran udara oleh belerang dan nitrogen
|
- Salah satu cara yang mudah untuk mengetahui adanya keanekaragaman hayati adalah dengan melihat pada variasi ...
|
Bentuk
|
|
Gen
|
|
Makanan
|
|
Tingkah
laku
|
|
Habitat
|
- Keanekaragaman hayati dapat ditunjukkan dengan adanya variasi ciri di antara individu sejenis. Keanekaragaman semacam ini merupakan keanekaragaman hayati pad tingkat ...
|
Gen
|
|
Species
|
|
Jenis
|
|
Ekosistem
|
|
Genetik
|
10. Penebangan kayu di hutan harus memenuhi persyaratan tertentu agar
kelestarian terjaga. Persyaratan tersebut, di antaranya . . . .
|
tebang habis, tanam lagi
|
|
penebangan minimal
|
|
sistem tebang pilih
|
|
Penebangan maksimal
|
|
Reboisasi di pinggir hutan
|
11. Setiap hari hutan kita dijawah, tidak mengherankan
udara semakin terasa panas, oleh karena itu ...
|
Tiap siswa wajib
membawa pohon jati untuk di tanam disekolah
|
|
Kita wajib menangkap
penjarahnya
|
|
Melaporkan
ke RT jika kita tahu ada orang yang menebang pohon
|
|
Kita
membentuk tim relawan kemudian kita masuk kedalam hutan untuk mencatat pohon
yang masih ada
|
|
Kita
turut melakukan gerakan penghijauan minimal di halaman rumah dan sekolah
|
12. Urutan organisasi kehidupan dari yang sederhana ke
yang paling kompleks tingkat organisasinya adalah...
|
Individu – populasi –
komunitas – biosfer
|
|
Individu – komunitas –
biosfer – populasi
|
|
Komunitas
– populasi – biosfer – individu
|
|
Populasi
– individu – komunitas – biosfer
|
|
Biosfer
– komunitas – populasi – individu
|
13. Salah satu cara menata lingkungan adalah dengan penghijauan baik
di rumah maupun di sekolah, yaitu dengan membuat kebun tanaman dapur dan tanaman
obat keluarga. Berikut ini yang termasuk tanaman obat adalah. . . .
|
seledri dan bayam
|
|
belimbing wuluh dan sambiloto
|
|
cabai rawit dan tomat
|
|
serai dan lengkuas
|
|
cabai merah dan jeruk nipis
|
- Perpindahan materi dan energi dari organisme satu ke organisme lain secara satu arah melalui proses makan dan dimakan disebut...
|
Rantai makanan
|
|
Jaring – jaring makanan
|
|
Produktivitas
ekosistem
|
|
Piramida
makanan
|
|
Aliran
energi
|
- Pada rantai makanan perumput dengan empat komponen, urutan arah perpindahan materi dan energinya adalah....
|
Konsumen
I – produsen – konsumen II –
decomposer
|
|
Sisa
organisme – konsumen I – konsumen II – konsumen III
|
|
Produsen
– konsumen II – konsumen I – konsumen III
|
|
Detritus
– herbivora – karnivora kecil – konsumen III
|
|
Produsen
– herbivora – karnvora kecil – karnivora besar
|
- Pelestarian sumber daya alam hayati secara ex situ contohnya adalah ....
|
Perlindungan
komodo di Pulau Komodo
|
|
Perlindungan bunga bangkai di
Bengkulu
|
|
Kebun plasma nutfah di Cibinong
|
|
Taman nasional di Ujung Kulon
|
|
Taman laut di Bunaken
|
- Indonesia memiliki taman nasional dalam jumlah yang cukup banyak. Tujuan diadakannya taman nasional tersebut adalah…
|
perlindungan
keanekaragaman hayat In - situ
|
|
perlindungan
keanekaragaman hayat Ex - situ
|
|
sebagai
laboratorium alami dan sarana pendidikan
|
|
perlindungan
keanekaragaman hayati, sarana rekreasi, penelitian, dan pendidikan tanpa
mengubah ciri-ciri ekosistemnya
|
|
hanya untuk
kepentingan ekonomi semata atau pemasukan kas Negara
|
- Variasi antar individu timbul karena adanya perbedaan ….
|
kebiasaan hidup
|
|
jenis makanan
|
|
habitat antar
individu
|
|
perilaku antar
individu
|
|
struktur gen
|
- Pernyataan berikut yang mendukung ciri – ciri hutan gugur daerah tropis adalah...
|
Kelembapan
udara tinggi, suhu hampir konstan sepanjang hari
|
|
Hujan
tidak teratur, tetapi kadang – kadang terjadi hutan yang lebat
|
|
Tumbuhan
yang relatif kecil –kecil berupa semak
|
|
Curah hujan yang merata sepanjang
tahun, jenis pohon sedikit dan tidak rapat
|
|
Vegetasi
spesifik adalah koniverden hewan aktif di malam hari
|
- Bila salah satu jenis populasi tumbuhan dalam hutan dimusnahkan, maka .....
|
ekosistem hutan
tersebut akan labil
|
|
banyak tumbuhan itu
saja yang akan musnah
|
|
akan diikuti
musnahnya populasi yang lain
|
|
tidak akan ada
spesies hewan yang ikut musnah
|
|
hanya populasi
tumbuhan saja yang akan musnah
|
Soal Essay
1.
Tuliskan tingkatan trofik dalam
sebuah rantai makanan !
2.
Tuliskan manfaat keragaman
sumber daya alam hayati !
3.
Tuliskan pengertian dari
ekosistem ?
4.
Tuliskan 5 dampak dari
Deforestasi?
5.
Tuliskan wilayah persebaran hewan dan
tumbuhan di Indoneisa!
6.
Tuliskan masing – masing contoh dari
simbiosis parasitisme, kompetisi dan netral!
7.
Indonesia terkenal dengan
negara Megadioverity, Jelaskan maksud pernyataan tersebut!
8.
Buatlah satu buah skema
jejaring makanan!
9.
Buatlah skema daur Nitrogen yang
terjadi di lingkungan?
10.
Hitunglah jumlah energi yang tersedia
pada tingkatan trofik III bila energi yang terdapat pada produsen adalah 550.000 Kkal.
Essay !
1. Write down the trophic
levels in a
food chain?
2. Write down the benefits of the diversity of biological resources!
3. Write down the definition of the ecosystem?
4. 5 Write down the impact of deforestation?
5. Write down the area of distribution of animals and plants in Indoneisa!
6. Write each - one example of symbiotic parasitism, competition and neutral!
7. Indonesia is famous for Megadioverity country, Explain the purpose of the statement!
8. Make a fruit scheme food network!
9. Make Nitrogen recycling schemes that occur in the environment?
10. Calculate the amount of energy available in the third trophic level when the energy contained in the manufacturer was 550,000 kcal.
2. Write down the benefits of the diversity of biological resources!
3. Write down the definition of the ecosystem?
4. 5 Write down the impact of deforestation?
5. Write down the area of distribution of animals and plants in Indoneisa!
6. Write each - one example of symbiotic parasitism, competition and neutral!
7. Indonesia is famous for Megadioverity country, Explain the purpose of the statement!
8. Make a fruit scheme food network!
9. Make Nitrogen recycling schemes that occur in the environment?
10. Calculate the amount of energy available in the third trophic level when the energy contained in the manufacturer was 550,000 kcal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar