1. Fungi dapat tumbuh di hutan yang lebat karena ...
|
Tidak dapat
membuat makanan sendiri
|
|
Memerlukan sedikit sinar matahari
|
|
Memerlukan lingkungan yang lembab dan cukup zat
organik
|
|
Tidak memiliki klorofil
|
|
Tidak terganggu oleh makhluk hidup lainnya
|
2. Hutan hujan tropis di sumatra, hutan bakau di
Kalimantan, dan savana di Nusa Tenggara, merupakan contoh keanekaragaman hayati
tingkat ...
|
Gen
|
|
Jenis
|
|
Populasi
|
|
Komunitas
|
|
Ekosistem
|
3. Zat organik yang bersal dari tumbuhan dan hewan
akan mengalami pembusukan menjadi amonium. Pernyataan tersebut termasuk bagian
siklus ..
|
Air
|
|
Nitrogen
|
|
Karbon
|
|
Fosfor
|
|
Hidrogen
|
4. Akibat yang ditimbulkan dari penggunaan pupuk yang
berlebihan bagi ekosistem air adalah ...
|
Oksigen dalam air
berkurang
|
|
Fosfat dalam air berkurang
|
|
Matinya seluruh
organisme yang terdapat pada ekosistem tersebut
|
|
Suburnya tanaman pertanian
|
|
Jumlah herbivora semakin banyak
|
5. Meningkatnya kadar karbondioksida di udara dapat
menyebabkan ...
|
Terjadinya hujan asam
|
|
Terjadinya efek rumah kaca
|
|
Rusaknya lapisan ozon
|
|
Penurunan suhu udara
|
|
Korosi pada logam
|
6.
Penyebab terjadinya
keanekaragaman hayati adalah ...
|
Karena
kesesuaian perangkat genetika yang mengatur sfat kepekaan dalam berinteraksi
dengan tempat hidupnya.
|
|
Karena adanya
keserasian antara makhluk hidup dengan
tempat hidupnya
|
|
Karena
keanekaragaman hayati sangat bermanfaat sebagai sumber bahan pangan
|
|
Karena
keanekaragaman hayati sangat penting menjaga keseimbangan ekositem
|
|
Karena adanya
totalitas variasi gen , jenis dan ekosistem
|
7.
Keragaman pada keluarga
tumbuhan polong – polongan seperti kacang panjang, petai cina, kacang
kapri dan kacang tanah menunjukkan
keragaman pada tingkat ...
|
Ordo
|
|
Famili
|
|
Kelas
|
|
Genus
|
|
Species
|
8.
Tindakan yag paling tepat untuk
melindungi satwa dilindungi, seperti badak jawa dan jalak bali adalah....
|
Menyisihkan
daerah yang dinyatakan sebagai suaka margasatwa
|
|
Mengisolasi,
memelihara, dan membiakkannya.
|
|
Menyusun UU
perburuan dan membatasi daerah perburuan
|
|
Memindahkan
hewan – hewan tersebut ke habitat yang lebih cocok
|
|
Melarang
adanya campur tangan manusia dan satwa dibiarkan hidup bebas.
|
9.
Hubungan makan diantara makhluk
hidup yang bergantung pada makhluk hidup yang lain sebagai sumber makanannya
disebut ...
|
Nutrisi autotrof
|
|
Nutrisi heterotrof
|
|
Nutrisi makanan
|
|
Hubungan makan memakan
|
|
Aliran energy
|
10.
Zat atau bahan yang menyebabkan
perubahan lingkungan atau penurunan lingkungan
disebut :
|
Radioaktif
|
|
Limbah organic
|
|
Polutan
|
|
Kimia
|
|
Emisi
|
11.
Limbah RT yang menganung fosfat dan
nitrat yang masuk ke perairan menyebabkan pertumbuhan ganggang yang
berlebih.hal ini disebut:
|
Stratifikasi
|
|
Nitrifikasi
|
|
Ekstensifikasi
|
|
Ditratifikasi
|
|
Eutrofikasi
|
12. Diantara sumber daya alam berikut yang tidak
termasuk sember daya alam penghasil
energi ...
|
Air laut
|
|
Sinar matahari
|
|
Minyak
bumi
|
|
Pemandangan
alam
|
|
Batubara
|
13. Tindakan manusia berikut mampu menurunkan kadar
mutu dan daya dukung lingkungan, Kecuali ...
|
Membuat taman kota
|
|
Mengembangkan tambak
udang
|
|
Mengubah
hutan untuk perladangan
|
|
Membuat
terasering pada lahan miring
|
|
Reboisasi
pada lahan gundul
|
14. Yang termasuk sumber daya alam hayati adalah ...
|
Hewan, tumbuhan,
detritivor, dan mikroorganisme
|
|
Hewan liar, ternak, dan
curah hujan
|
|
Iklim,
tambang emas, dan mikroorganisme
|
|
Mikroorganisme,
kayu bakar, tumbuhan dan air
|
|
Detritivor,
pupuk kandang, kayu bakar, dan energi gelombang
|
15. Pernyataan berikut yang bukan merupakan akibat yang
akan ditimbulkan oleh pemanasan global, yaitu ...
|
Mencairnya es di kutub
|
|
Naiknya permukaan air laut
|
|
Terjadinya kenaikan suhu bumi
|
|
Terjadinya banjir bandang
|
|
Terjadinya perubahan iklim
|
16. Akibat yang di timbulkan dari penggunaan pupuk yang
berlebihan bagi ekosistem air adalah...
|
Oksigen dalam air berkurang
|
|
Fosfat dalam air berkurang
|
|
Matinya seluruh organisme yang
terdapat pada ekosistem tersebut
|
|
Suburnya tanaman pertanian
|
|
Jumlah herbivora bertambah
banyak
|
17. Dalam sistem pengelompokkan tumbuhan, ada beberapa
macam cara tergantung dari macam kelompoknya. Kelompok tumbuhan di bawah ini
yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis adalam suatu genus,adalah...
|
Aren, kelapa, dan
pinang
|
|
Lengkuas, jahe dan
kunyit
|
|
Kacang
tanah, kacang panjang, dan kacang hijau
|
|
Jeruk
bali, jeruk nipis, dan jeru peras
|
|
Bawang
merah, bawang putih, dan bawang daun
|
18. Setiap hari hutan kita dijawah, tidak mengherankan
udara semakin terasa panas, oleh karena itu ...
|
Tiap siswa wajib
membawa pohon jati untuk di tanam disekolah
|
|
Kita wajib menangkap
penjarahnya
|
|
Melaporkan
ke RT jika kita tahu ada orang yang menebang pohon
|
|
Kita membentuk
tim relawan kemudian kita masuk kedalam hutan untuk mencatat pohon yang masih
ada
|
|
Kita
turut melakukan gerakan penghijauan minimal di halaman rumah dan sekolah
|
19. Meningkatnya populasi
enceng gondok bagi ikan akan ...
|
Menguntungkan karena
kadar makanan dalam air terus meningkat
|
|
Merugikan karena
menurunnya populasi plankton
|
|
Merugikan
karena mendesak daerah pergerakan hewan
|
|
Menguntungkan
karena persediaan makanan ikan bertambah
|
|
Merugikan
karena menurunkan kadar oksigen dalam air
|
20. Kadar DDT tertinggi
terdapat pada...
|
Alga dan herbivore
|
|
Alga
|
|
Herbivora
|
|
Karnivora 1
|
|
Karnivora 2
|
1. Mengapa saat ini dunia
membutuhkan energi alternatif yang ramah lingkungan!
- Tuliskan peranan detritivor dalam sebuah rantai makanan!
- Tuliskan 8 Filum Invertebrata ?
- Tuliskan apa yang dimaksud dengan relung ?
- Buatlah skema daur Nitrogen yang terjadi di lingkungan?
- Buatlah satu buah contoh dari rantai makanan dan jejaring makanan!
- Tuliskan 5 contoh ekostem darat !
- Tuliskan 4 faktor biotik dan abiotik dari sebuah ekosistem tundra !
9.
Jelaskan
peran bakteri nitrifikasi dalam siklus nitrogen!
10. Jelaskan peranan cahaya matahari dalam
perkembangan ekosistem sebagai faktor abiotik !
Essay
1. Why the world needs now is an
environmentally friendly alternative energy!
2. Write detritivor role in a food chain?
3. Write down the 8 Phylum Invertebrates?
4. Write down what is a niche?
5. Make Nitrogen recycling schemes that occur in the environment?
6. Make a single example of the networking food chain and food!
7. Write down 5 examples ekostem land!
8. 4 Write the biotic and abiotic factors of a tundra ecosystem!
9. Explain the role of nitrifying bacteria in the nitrogen cycle?
10. Explain the role of sunlight in the development of the ecosystem as abiotic factors!
2. Write detritivor role in a food chain?
3. Write down the 8 Phylum Invertebrates?
4. Write down what is a niche?
5. Make Nitrogen recycling schemes that occur in the environment?
6. Make a single example of the networking food chain and food!
7. Write down 5 examples ekostem land!
8. 4 Write the biotic and abiotic factors of a tundra ecosystem!
9. Explain the role of nitrifying bacteria in the nitrogen cycle?
10. Explain the role of sunlight in the development of the ecosystem as abiotic factors!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar