1.
Yang berfungsi
sebagai Produsen dalam ekosistem air adalah :
a. Ganggang
b. Plankton
c. Zooplankton
d. Phytoplankton
e. Bentos
a. Ganggang
b. Plankton
c. Zooplankton
d. Phytoplankton
e. Bentos
2.
Zat atau bahan
yang menyebabkan perubahan lingkungan atau penurunan liNgkungan disebut :
a. Radioaktif
b. Limbah organik
c. Polutan
d. Kimia
e. Emisi
a. Radioaktif
b. Limbah organik
c. Polutan
d. Kimia
e. Emisi
3.
Limbah RT yang
menganung fosfat dan nitrat yang masuk ke perairan menyebabkan pertumbuhan
ganggang yang berlebih.hal ini disebut:
a. Stratifikasi
b. Nitrifikasi
c. Ekstensifikasi
d. Dtratifikasi
e. Eutrofikasi
a. Stratifikasi
b. Nitrifikasi
c. Ekstensifikasi
d. Dtratifikasi
e. Eutrofikasi
4.
Perpindahan
materi dan energi dari organisme satu ke organisme lain secara satu arah
melalui proses makan dan dimakan disebut...
a. Rantai
makanan
b.
Jaring – jaring
makanan
c.
Produktivitas
ekosistem
d.
Piramida makanan
e.
Aliran energi
5.
Pada rantai
makanan perumput dengan empat komponen, urutan arah perpindahan materi dan
energinya adalah....
a.
Konsumen I –
produsen – konsumen ii – dekomposer
b.
Sisa organisme –
konsumen I – konsumen II – konsumen III
c.
Produsen –
konsumen II – konsumen I – konsumen III
d.
Detritus – herbivora
– karnivora kecil – konsumen III
e. Produsen –
herbivora – karnvora kecil – karnivora besar
6.
Bila dalam suatu
ekosistem terdapat (1) diatome, (2) ikan lele, (3) udang kecil, (4 ) bangau
maka urutan rantai makanan pada kolam tersebut adalah....
a. 1,2,3,4
b.
1,3,2,4
c.
2,3,4,1
d.
2,4,3,1
e.
3,2,4,1
7.
Didalam tubuh
heterotrop, produktivitas energi primer bersih tidak akan sampai ke tujuan,
sebab sebagian akan hilang dalam bentuk...
a.
Egesta, ekskreta,
dan energi pernapasan
b.
Produktivitas
sekunder dan energi pernapasan
c.
Energi pernapasan
dan produktivitas kotor
d.
Energi mekanik,
egesta dan urine
e.
Energi gerak,
energi pernapasan, dan egesta
8.
Hubungan
kelestarian alam dengan derajad hidup manusia adalah ..
a. Kelestarian alam menjamin baiknya perekonomian.
b. Kelestarian alam menunjukkan manusia sudah dapat menghargai alam dan kebutuhan hidupnya terpenuhi tanpa harus merusak alam
c. Alam yang baik manunjukkan tingginya tingkat pendidikan karena manusia sudah mengerti pentingnya alam
d. Tingginya kekayaan alam menunjukkan kekayaan suatu negara
e. Kepedulian lingkungan dapat melampaui batasan negara, sehingga menyatukan umat manusia
a. Kelestarian alam menjamin baiknya perekonomian.
b. Kelestarian alam menunjukkan manusia sudah dapat menghargai alam dan kebutuhan hidupnya terpenuhi tanpa harus merusak alam
c. Alam yang baik manunjukkan tingginya tingkat pendidikan karena manusia sudah mengerti pentingnya alam
d. Tingginya kekayaan alam menunjukkan kekayaan suatu negara
e. Kepedulian lingkungan dapat melampaui batasan negara, sehingga menyatukan umat manusia
9.
Berikut
ini yang bukan merupakan kegiatan industri berwawasan lingkungan adalah ....
a. Bahan baku dari lingkungan , limbah dibuang ke lingkungan
b. Pengambilan bahan baku tidak merusak lingkungan
c. Proses produksi memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja
d. Mesin yang digunakan aman, ramah lingkungan dan hemat energi
e. Membuat unit pengolah limbah
a. Bahan baku dari lingkungan , limbah dibuang ke lingkungan
b. Pengambilan bahan baku tidak merusak lingkungan
c. Proses produksi memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja
d. Mesin yang digunakan aman, ramah lingkungan dan hemat energi
e. Membuat unit pengolah limbah
10. Sistem pertanian dapat mengancam
keanekaragaman hayati karena...
a. Dilakukan secara monokultur, artinya hanya menanam satu jenis tanaman
b. Meningkatkan kebutuhan pangan menyebabkan pembukaan lahan baru dari hutan
c. Membutuhkan banyak air, sehingga semua air digunakan untuk mengairi sawah
d. Penggunaan pestisida dapat merusak lingkungan
e. Lahan persawahan menjadi miskin nutrien karena terus-menerus ditanami
a. Dilakukan secara monokultur, artinya hanya menanam satu jenis tanaman
b. Meningkatkan kebutuhan pangan menyebabkan pembukaan lahan baru dari hutan
c. Membutuhkan banyak air, sehingga semua air digunakan untuk mengairi sawah
d. Penggunaan pestisida dapat merusak lingkungan
e. Lahan persawahan menjadi miskin nutrien karena terus-menerus ditanami
11. Pelestarian sumber daya alam hayati secara ex
situ contohnya adalah ....
a. Perlindungan komodo di Pulau Komodo
b. Perlindungan bunga bangkai di Bengkulu
c. Kebun plasma nutfah di Cibinong
d. Taman nasional di Ujung Kulon
e. Taman laut di Bunaken
a. Perlindungan komodo di Pulau Komodo
b. Perlindungan bunga bangkai di Bengkulu
c. Kebun plasma nutfah di Cibinong
d. Taman nasional di Ujung Kulon
e. Taman laut di Bunaken
12. Keanekaranagaman berikut yang bukan merupakan
macam-macam keanekargaman hayati, yaitu …
a.
keanekaragaman hayati
tingkat gen
b.
keanekaragaman hayati
tingkat spesies
c.
keanekaragaman hayati
tingkat jenis
d.
keanekaragaman hayati
tingkat ekosistem
e.
keanekaragaman hayati
tingkat kingdom
13. Walaupun tanaman tomat berada dalam genus yang sama
dengan tanaman terong, tetapi keduanya mempunyai perbedaan. Hal ini menunjukkan
adanya keanekaragaman hayati tingkat …
a.
gen
b.
ekosistem
c.
jenis
d.
kingdom
e.
spesies
14. Berikut macam-macam bioma yang ada di Indonesia,
kecuali …
a. tundra
d. sabana
b. hutan
musim
e. hutan bakau
c. hutan hujan tropis
15. Menurut Wallace dan Weber, anoa adalah hewan yang
berada pada daerah …
a.
oriental
d. peralihan
b.
barat
e. timur
c. Australiasia
16. Indonesia memiliki taman nasional dalam jumlah yang
cukup banyak. Tujuan diadakannya taman nasional tersebut adalah…
a.
perlindungan
keanekaragaman hayat iin situ
b.
dimanfaatkan untuk
rekreasi atau taman wisata tanpa mengubah ciri-ciri ekosistemnya
c.
sebagai laboratorium
alami dan sarana pendidikan
d.
perlindungan
keanekaragaman hayati, sarana rekreasi, penelitian, dan pendidikan tanpa
mengubah ciri-ciri ekosistemnya
e.
hanya untuk
kepentingan ekonomi semata atau pemasukan kas Negara
17. Dalam klasifikasi jeruk bali (Citrus maxima), jeruk
nipis (Citrus aurantifolia) dan jeruk keprok (Citrus nobilis), termasuk dalam
satu kelompok yaitu pada tingkat…
a) kelas
b) ordo
c) famili
d) genus
e) spesies
a) kelas
b) ordo
c) famili
d) genus
e) spesies
18. Seorang siswa mengamati sekelompok hewan yang ada di
kebun binatang. Ciri hewan tersebut adalah berkaki empat, kaki depan lebih
pendek daripada kaki belakang, dan meletakkan anaknya pada kantong yang ada
dibagian perut. Berdasarkan ciri – ciri yang dimiliki, heran tersebut bertipe
...
a.
Asiatis
b. Australis
c.
Afrikalis
d.
Peralihan
e.
Endemik di pulau
papua
19. Variasi antar individu timbul karena adanya perbedaan
….
a.
kebiasaan hidup
b.
jenis makanan
c.
habitat antar
individu
d.
perilaku antar
individu
e.
struktur gen
20. Variasi antar individu timbul karena adanya perbedaan
….
a.
kebiasaan hidup
b.
jenis makanan
c.
habitat antar
individu
d.
perilaku antar
individu
e.
struktur gen
Essay
- Tuliskan 4 ciri kelompok tumbuhan gymnospermae ?
- Tuliskan akibat yang ditimbulkan oleh proses nitrifikasi ?
- Tuliskan apa yang dimaksud dengan keanekaragaman tingkat gen !
- Jelaskan cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keanekaragaman hayati !
- Tuliskan 3 penyebab polusi air yang terjadi di ekosistem air !
- Tuliskan beberapa material yang dapat di daur ulang !
- Gambarkan skema daur karbon !
- Tuliskan 3 manfaat yang dapat di ambil oleh manusia akibat tingginya keanekaragaman hayati!
- Jelaskan 3 alasan manusia melakukan daur ulang !
- Jelaskan 3 daerah persebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar