I.
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar dan tepat untuk
soal-soal di bawah ini!
1. Makhluk hidup yang dapat menguraikan sampah
organik yang berasal dari tumbuhan mati dan bangkai adalah...
|
Bakteri dan jamur
|
|
Bakteri dan ganggang
|
|
Jamur
dan rayap
|
|
Ganggang
dan cacing tanah
|
|
Cacing
tanah dan ulat
|
2. Dalam sistem pengelompokkan tumbuhan, ada beberapa
macam cara tergantung dari macam kelompoknya. Kelompok tumbuhan di bawah ini
yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis adalam suatu genus,adalah...
|
Aren, kelapa, dan
pinang
|
|
Lengkuas, jahe dan
kunyit
|
|
Kacang
tanah, kacang panjang, dan kacang hijau
|
|
Jeruk
bali, jeruk nipis, dan jeru peras
|
|
Bawang
merah, bawang putih, dan bawang daun
|
3. Setiap hari hutan kita dijawah, tidak mengherankan
udara semakin terasa panas, oleh karena itu ...
|
Tiap siswa wajib
membawa pohon jati untuk di tanam disekolah
|
|
Kita wajib menangkap
penjarahnya
|
|
Melaporkan
ke RT jika kita tahu ada orang yang menebang pohon
|
|
Kita
membentuk tim relawan kemudian kita masuk kedalam hutan untuk mencatat pohon
yang masih ada
|
|
Kita
turut melakukan gerakan penghijauan minimal di halaman rumah dan sekolah
|
4. Perubahan populasi didalam biosfer ditentukan oleh
...
|
Migrasi dan natalitas
|
|
Migrasi dan mortalitas
|
|
Migrasi,
urbanisasi dan natalitas
|
|
Natalitas
dan mortalitas
|
|
Mortalitas,
natalitas dan migrasi
|
5. Hubungan antar populasi yang saling menguntungkan
ditemukan pada hubungan ...
|
Manusia dan wereng
|
|
Bunga dan kumbang
|
|
Rayap
dengan manusia
|
|
Manusia
dengan kutu – kutu
|
|
Ikan
remora dan hiu
|
6. Interaksi kompetisi antarindividu dalam komunitas
akan terjadi apabila dua individu berbeda jenis mempunyai ...
|
Masa aktivitas hidup
berbeda
|
|
Tempat hidup yang sama
|
|
Habitat
dan nisia yang sama
|
|
Habitat
dan nisia yang berbeda
|
|
Habitat
sama nisia berbeda
|
7. Urutan organisasi kehidupan dari yang sederhana ke
yang paling kompleks tingkat organisasinya adalah...
|
Individu – populasi –
komunitas – biosfer
|
|
Individu – komunitas –
biosfer – populasi
|
|
Komunitas
– populasi – biosfer – individu
|
|
Populasi
– individu – komunitas – biosfer
|
|
Biosfer
– komunitas – populasi – individu
|
8. Yang termasuk komponen biotik dalam suatu
ekosistem adalah...
|
Air dan tumbuhan
|
|
Jasad renik dan bangkai
|
|
Tanah
dan tumbuhan
|
|
Jasad
renik dan tumbuhan
|
|
Bangkai
dan manusia
|
9. Yang berperan sebagai produsen adalah ...
|
Pepohonan dan
rerumputan
|
|
Mikroorganisme dan
pepohonan
|
|
Mikroorganisme
dan rerumputan
|
|
Pepohonan,
tikus dan tupai
|
|
Ular,
tupai dan tikus
|
10. Konsumen yang pertama terdiri atas komponen ...
|
Tikus, burung hantu,
tupai dan semut
|
|
Tikus, ular, tupai,
burung hantu, dan belalang
|
|
Tikus,
burung elang, dan kadal
|
|
Pepohonan,
mikroorganisme, kelinci dan tikus
|
|
Belalang,
tupai, semut dan tikus
|
- Pada rantai makanan perumput dengan empat komponen, urutan arah perpindahan materi dan energinya adalah....
|
Konsumen
I – produsen – konsumen ii – dekomposer
|
|
Sisa
organisme – konsumen I – konsumen II – konsumen III
|
|
Produsen
– konsumen II – konsumen I – konsumen III
|
|
Detritus
– herbivora – karnivora kecil – konsumen III
|
|
Produsen – herbivora – karnvora
kecil – karnivora besar
|
- Bila dalam suatu ekosistem terdapat (1) diatome, (2) ikan lele, (3) udang kecil, (4 ) bangau maka urutan rantai makanan pada kolam tersebut adalah....
|
1,2,3,4
|
|
1,3,2,4
|
|
2,3,4,1
|
|
2,4,3,1
|
|
3,2,4,1
|
14. Ciri khas
suatu ekosistem seimbang adalah ...
|
Aliran energi dari
produsen ke konsumen paling cepat
|
|
Pertambahan populasi
masing – masing komponen sama
|
|
Tidak
terjadi peledakan populasi salah satu komponen biotiknya
|
|
Dihuni
oleh tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme saprofit
|
|
Aliran
energi dan materi berjalan searah dari konsumen ke produsen
|
15. Penggunaan pestisida untuk pemberantasan hama
ternyata sangat merugikan manusia, sebab penggunaan bahan tersebut dapat ...
|
Mematikan hewan
pengganggu
|
|
Menyebabkan perubahan
iklim
|
|
Merusak
keseimbangan lingkungan
|
|
Dapat
meracuni ekosistem
|
|
Membunuh
semua organisme yang bermanfaat
|
16. Kadar DDT tertinggi pada ...
|
Alga dan herbivora
|
|
Alga
|
|
Herbivora
|
|
Karnivora
1
|
|
Karnivora
2
|
17. Hujan asam dapat terjadi karena pencemaran udara
oleh ..
|
Oksida karbon dan
oksida hidrogen
|
|
Pencemaran udara oleh
karbon dan zat besi
|
|
Meningkatnya
penggunaan bahan bakar dan zat besi
|
|
Meningkatnya
industralisasi pada suatu daerah
|
|
Pencemaran
udara oleh belerang dan nitrogen
|
18. Permukaan air sungai yang tertutup busa detergen
akan mengakibatkan ...
|
Populasi ikan meningkat
karena meningkatnya busa
|
|
Menurunnya populasi
plankton karena kurangnya intensitas cahaya
|
|
Meningkatnya
kadar oksigen karena meningkatnya fotosintesis
|
|
Meningkatnya
keanekaragaman hayati karena rangsangan detergen
|
|
Menurunnya
populasi ian karena kadar oksigen berkurang
|
- Hutan hujan tropis di sumatra, hutan bakau di Kalimantan, dan savana di Nusa Tenggara, merupakan contoh keanekaragaman hayati tingkat ...
|
Gen
|
|
Jenis
|
|
Populasi
|
|
Komunitas
|
|
Ekosistem
|
Essay !
1. Tuliskan apa yang menyebabkan terjadinya penurunan
mutu lingkungan !
2. Tuliskan apa yang menyebabkan terjadinya efek
rumah kaca !
3. Jelaskan arti pelestarian sum daya alam hayati
secara In situ dan Ex Situ !
4. Sumber daya alam energi amat terbatas dan
penggunaannya terus meningkat. Jelaskan bagaimana cara mengatasi keterbatasan
tersebut ?
5. Penggundulan hutan sangat merugikan manusia.
Jelaskan beberapa fungsi serta kerugian yang ditimbulkan dari penggundulan
hutan !
6. Tuliskan akibat yang ditimbulkan dari pemanasan
global!
7. Jelaskan bagaimana ruang dapat menjadi faktor
pembatas bagi populasi !
8. Jelaskan mengapa deforestasi dapat membahayakan
lingkungan !
9. Tuliskan hal – hal yang dapat dilakukan untuk
konservasi tanah !
10. Tuliskan 2 contoh teknologi yang dapat di gunakan
sebagai mengontrol pencemaran air !
Essay
1. Write down what causes environmental degradation?
2. Write down what causes the greenhouse effect!
3. Explain the meaning of preservation of natural biological sum In situ and Ex Situ!
4. Energy resource is very limited and its use continues to increase. Explain how to overcome these limitations?
5. Deforestation is hurting people. Describe some functions as well as the losses from deforestation!
6. Write down the impact of global warming!
7. Explain how the space can be a limiting factor for the population!
8. Explain why deforestation could harm the environment!
9. Write down things - things that can be done to conserve soil!
10. Write down 2 examples of technology that can be used as a water pollution control!
2. Write down what causes the greenhouse effect!
3. Explain the meaning of preservation of natural biological sum In situ and Ex Situ!
4. Energy resource is very limited and its use continues to increase. Explain how to overcome these limitations?
5. Deforestation is hurting people. Describe some functions as well as the losses from deforestation!
6. Write down the impact of global warming!
7. Explain how the space can be a limiting factor for the population!
8. Explain why deforestation could harm the environment!
9. Write down things - things that can be done to conserve soil!
10. Write down 2 examples of technology that can be used as a water pollution control!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar